Apple Bangun R&D di Indonesia

apple

Terbetik kabar bahwa perusahaan multinasional teknologi Apple akan membangun fasilitas riset dan pengembangan di Indonesia pada sekitar tahun 2017. Hal ini sudah disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara, pada hari Rabu, 2 November 2016 yang lalu. Meskipun Apple belum memberikan komengtar apapun, namun bila memang terjadi maka Indonesia menjadi negara kedua setelah Brazil yang memiliki fasilitas milik Apple tersebut.

Hal ini mengacu pada regulasi Kementerian Komunikasi dan Informasi No. 27/2015 yang salah satu butirnya menyebutkan bahwa smartphone 4G LTE yang dijual di Indonesia harus memiliki kandungan lokal sebanyak 30% baik pada perangkat keras maupun lunaknya. Aturan itu efektif berlaku pada I Januari 2017.

Meskipun belum ada berita apapun dari Apple di Amerika. Kabarnya Rudiantara sudah bertemu dengan perwakilan Apple Asia Pasifik. Konon kabarnya Apple tengah mencari lokasi yang tepat, bisa jadi di Jakarta atau di luar ibukota.

Saat ini menurut survei eMarketer, pengguna smartphone di Indonesia di tahun 2015 sekitar 55 juta orang, diperkirakan akan mencapai 92 juta orang di tahun 2019. Sedangkan pengguna internet di Indonesia menjadi 132 juta orang. Ini merupakan pasar yang menggiurkan bagi produsen smartphone.

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Apple Bangun R&D di Indonesia”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<