Anjing Kintamani, Anjing Ras Asli Indonesia

Foto: 101dogbreeds
Foto: 101dogbreeds

Bila berwisata ke Kintamani yang sejuk pasti bertemu dengan anjing-anjing cantik seperti anjing Huski Siberia yang kerap menjadi penarik kereta salju. Anjing Kintamani memiliki bulu yang tebal menyelimuti seluruh tubuhnya dengan telinga tegak runcing dan ekor yang membulat.

Anjing Kintamani sudah diakui para pecinta anjing, khususnya di Asia, sebagai anjing ras lokal Indonesia. Anjing cantik ini diyakini berasal dari Desa Sukawana di pegunungan Batur, Bali. Adapula yang mengatakan bahwa nenek moyang anjing Kintamani berasal dari anjing Chow Chow, yang ada di Cina. Anjing Chow Chow masuk ke Bali karena proses perkawinan antara bangsawan Cina dengan anak Raja di Kintamani.

Anjing Kintamani digolongkan oleh para pecinta anjing sebagai anjing pekerja. Memiliki tinbggi badan sekitar 4-55 cm untuk jantan dan 40-50 cm untuk betina. Ekornya yang bulat akan mekar ketika dewasa. Namun anjing ini memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi dan rasa curiga pada orang asing.

Anjing Kintamani juga kerap menyerang anjing lain yang masuk dalam wilayahnya. Anjing ini memang sangat memproteksi lingkungan tempatnya berada. Dia juga sangat setia pada majikannya, jadi kalau ada yang mendekat pada majaikannya dianggap sebagai bentuk ancaman. Para pecinta anjing Kintamani menyarankan pada orang yang ingin memeliharanya harus dari usia dini atau anak anjing. Dengan demikian anjing Kintamani dapat dididik dengan baik.

 

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Anjing Kintamani, Anjing Ras Asli Indonesia”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<