Animator Indonesia, Animator Dunia

tintin-704x400

Para penggemar animasi sudah tidak asing dengan komunitasnya sendiri, malahan cenderung bangga dengan eksistensi mereka. Betapa tidak, dunia kreatif animasi Indonesia adalah dunia animasi berkelas internasional. Sebut saja film animasi internasional pasti ada nama animator Indonesia di dalamnya.

Salah satunya adalah Rini Sugianto yang terlibat dalam pembuatan film karya Steven Spielberg, ‘The Adventures of Tintin: Secret of the Unicorn’.  Rini yang bekerja  di Los Angeles, terbang ke New Zealand ketika mendapatkan kesempatan bekerja pada Weta milik Peter Jackson. Weta Digital merupakan studio dimana film animasi Tintin diproduksi.

Apa yang dikerjakan oleh Rini di studio pembuat film ‘Lord of the Ring’ itu? Tugas yang harus diselesaikan oleh Rini adalah membuat animasi semua karakter film tersebut. Jika dihitung karakter yang muncul dalam film Tintin sekitar 70 karakter. Dalam produksi film ini, Rini adalah salah satu dari empat orang Indonesia yang terlibat membuat animasinya. Jika Steven Spielberg  tidak menyukai garapan animasinya, maka karya warga Indonesia tidak pernah terlihat. Spielberg sangat menyukai animasi yang dibuatnya.

Selain Rini masih terdapat lembaga-lembaga lainnya yang memiliki kemampuan menghasilkan animasi kelas dunia. Seperti Marsa Juwita Indah (Bali) dan Asiana Wang Animation (Tangerang). Keduanya adalah perusahaan yang sering mendapatkan order membuatkan animasi oleh studio-studio anime di Jepang. Bayangkan 50% dari animasi yang ada –yang kita kenal tentunya, diproduksi di Indonesia. Bahkan Walt Disney memberikan Bambi, si rusa yang terkenal itu untuk digarap di Indonesia. Sayangnya MGM dan Warner Bros., yang pernah menggunakan jasa Asiana Wang Animation tidak mencantumkan nama lembaga ini pada credit title-nya. Mengapa studio-studio animasi besar itu memakai perusahaan animasi Indonesia? Selain harganya murah, kualitasnya baik bahkan bersaing dengan animator dari Korea Selatan dan Filipina.

Begitu juga dengan Kinema Systrans Multimedia atau lebih dikenal dengan nama Infinite Frameworks adalah studio animasi yang berkedudukan di Batam. Dari studio inilah animasi seperti Lucky Luke, Franklin & Friends bahkan the Garfield Show dibuat. Studio animasi ini menampung banyak potensi-potensi animator yang melimpah di Indonesia.

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Animator Indonesia, Animator Dunia”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<