Angkat Badan Air Asia, Apa Skenario Basarnas?

basarnass

JAKARTA, inibangsaku.com – Badan SAR Nasional akan kembali mengangkat badan pesawat dan mengevakuasi korban Air Asia QZ8501 di perairan Selat Karimata pada hari ini, Jumatg 16 Januari 2015. Menurut Direktur Operasional Basarnas, Marsekal Pertama S.B. Supriyadi, teknik pengangkatan menunggu hasil pengamatan tim penyelam yang akan diturunkan pada Jumat pagi. “Penyelaman mulai jam 6 pagi,” kata dia di Lapangan Udara Iskandar, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Supriyadi mengatakan pengangkatan badan pesawat bisa dilakukan bagian per bagian atau langsung diangkat seluruh rangkanya. Rencananya ada tiga tim yang diterjunkan masing-masing di Kapal Negara (KN) Yos Sudarso, KN Pacitan, KN Geo Survey, KN Baruna Jaya, KN Andromeda, juga Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Barakuda dan KRI Banda Aceh.
Supriyadi berharap cuaca dalam kondisi baik sehingga bisa memudahkan pencarian jasad korban maupun pengangkatan badan pesawat Air Asia. Sebelumnya, tim penyelam belum bisa mengevakuasi jasad korban karena tidak bisa mencapai dasar laut. Penyelaman terkendala oleh cuaca yang tak bersahabat.

Kepala Basarnas, Marsekal Madya Henry Bambang Soelistyo, mengatakan seluruh peralatan untuk proses pengangkatan sudah disiapkan oleh TNI Angkatan Laut. “Meskipun diperkirakan tidak ada jenazah, tetap akan diangkat. Tapi tujuan utama kami tetap mencari korban,” ujarnya. Tim Basarnas, kata Bambang, masih menetapkan lima daerah pencarian dan satu area prioritas.

(sumber:tempo)

You may also like...

0 thoughts on “Angkat Badan Air Asia, Apa Skenario Basarnas?”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<