Amanat Prabowo Subianto soal Hak Menyatakan Pendapat terhadap Ahok

pbw

Jakarta, Inibangsaku.com – Proses hak angket hingga hak menyatakan pendapat (HMP) di DPRD DKI bergulir, banyak fraksi yang mendapat instruksi langsung dari dewan pimpinan pusat atau daerah partainya masing-masing. Ketika hak angket, tidak jarang instruksi tersebut berujung kepada penarikan dukungan terhadap hak angket. Contohnya adalah Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Hal senada dilontarkan Fraksi Partai Gerindra yang sejak awal selalu mendukung proses hak angket dan HMP. Wakil Ketua DPRD DKI Mohamad Taufik yang berasal dari Fraksi Gerindra menceritakan mengenai sikap Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Partai Gerindra

“Pak Prabowo itu demokratis sekali dan tegas,” ujar Taufik di Gedung DPRD DKI, Selasa (14/4/2015).

Anggota Fraksi Partai Gerindra telah menjelaskan kepada Prabowo segala hal tentang hak angket dan HMP, seperti alasan anggota Dewan menempuh kedua hak tersebut.

Taufik, menjelaskan sejauh ini Prabowo bisa memahaminya, kata Taufik, menyerahkan segala pilihan kepada kadernya yang berada di fraksi DPRD.

“Selama menurut pandangan kalian benar, silakan lakukan,” ujar Taufik menirukan ucapan Prabowo.

Proses digelarnya hak menyatakan pendapat (HMP) pada sidang paripurna pun masih bergulir. Sudah tiga fraksi yang telah memberikan dukungannya terhadap HMP, yaitu Fraksi Partai Gerindra, Fraksi PPP, dan Fraksi Demokrat-PAN.

Fraksi lain seperti Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar), Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), dan Fraksi Partai Hanura belum menentukan sikapnya. Bahkan, Fraksi Demokrat-PAN baru menyatakan dukungan setelah sebelumnya sempat gamang.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) Pasal 336 ayat 1 huruf b disebutkan, hak menyatakan pendapat diusulkan oleh minimal 20 anggota DPRD yang berasal minimal dari dua fraksi.

(sumber:Angga inibangsaku.com)

You may also like...

0 thoughts on “Amanat Prabowo Subianto soal Hak Menyatakan Pendapat terhadap Ahok”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<