Adian-PDIP Laporkan Koran Tempo ke Dewan Pers

Untitled-1

JAKARTA, inibangsaku.com – Hingga kini perseteruan Politisi PDIP Adian Napitupulu dengan koran Tempo masih terus berlanjut. Hal tersebut dipicu karena pemberitaan media massa ternama tersebut yang tendensius dan tanpa melakukan klarifikasi dengan pihak terkait.

Setalah dituding tidur siang dalam rapat di DPR RI, Adian mengaku akan melaporkan Tempo ke Dewan Pers. Menurutnya hal itu guna mendukung meningkatkan kehidupan pers nasional yang independen profesional dalam menjalankan profesinya sesuai kode etik jurnalistik,

“Saya melalui kuasa hukum mengadukan redaksi Koran Tempo atas pelanggaran kode etik jurnalistik kepada Dewan Pers,” kata Adian dalam pernyataan persnya di Jakarta, Minggu (9/11).

Rencananya, Adian bersama kuasa hukumnya akan melaporkan Koran Tempo secara resmi ke Dewan Pers pada Senin 10 November hari ini.

Laporan itu terkait dengan pemuatan Koran Tempo yang memasang foto Adian dan ditulis dengan judul ‘bobo siang’ saat rapat paripurna versi Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

Rapat paripurna yang digelar Selasa 4 November 2014 itu membahas alat kelengkapan dewan (AKD). Menurut Adian, ia mengambil langkah tersebut karena peduli terhadap perjalanan pers di Indonesia.

Adian mengaku tak habis pikir, kenapa saat zaman Orde Baru ketika dia bersama media-media lain berjuang melawan maraknya pembredelan termasuk Tempo, namun justru dirinya menjadi bahan ‘pembunuhan karakter’.

“Gue sama Tempo dan yang lainnya itu berjuang saat maraknya pembredelan media. Tapi kenapa media yang gue perjuangin malah ngebunuh karakter gue? Ini jelas pembunuhan karakter,” ketus Adian.

Adapun kode etik yang dilanggar Tempo menurut Adian, yaitu Pasal 1 dan Pasal 3 kode etik jurnalistik. Ia pun menyayangkan redaksi Tempo yang tidak melakukan konfirmasi kepada dirinya agar berita tersebut berimbang.

“Kita buka kode etik, jelas hak saya tertera dalam pasal tadi. Tempo bukan media baru. Tempo media lama dan jadi tempat belajar media lain, kalian baca tulisan-tulisan saya, bacaan saya, sama dengan Gunawan Muhammad,” ujar Adian. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Adian-PDIP Laporkan Koran Tempo ke Dewan Pers”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<