9 Tahun Berlalu, Lumpur Lapindo Masih Terus Menyembur

lapindfo

Jakarta, Inibangsaku.com – 29 Mei 2006 menyembur lumpur Lapindo di Porong, Sidoarjo. Memasuki tahun ke 9, semburan lumpur panas di lokasi pengeboran Lapindo Brantas Inc yang menenggelamkan pemukiman, pertanian dan perindustrian itu, masih terus menyembur keluar dari perut bumi.

“Memang masih terus muncul semburan, tapi kondisinya fluktuatif. Karena semburan ini fenomena alam,” ujar Kepala Humas Badan Penanggulan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Dwinato Hesti Prasetyo, Kamis (28/5/2015).

Semburan di Tahun 2006 sampai 2009 adalah puncak volume material yang disemburkan yakni sekitar 100.000 meter kubik per hari. Kondisinya fluktuatif, namun terus mengalami penurunan.

“Kesimpulannya, menunjukkan gejala penurunan aktivitas. Semakin tahun semakin menurun,” tambahnya.

Material semburan lumpur Lapindo ini terdiri dari 70 persen dalam bentuk cairan. Sedangkan 30 persen lainnya dalam bentuk padatan.

Semburan tersebut menenggelamkan dan menggenangi 16 desa di tiga kecamatan di Sidoarjo yakni Porong, Jabon dan Tanggulangin.

“Sekarang ini hanya ada satu pond seluas 640 hektar. Hitungan kami dapat menampung sekitar 60 juta meter kubik. Kondisi sekarang ini sudah terisi sekitar 50 juta meterkubik,” pungkasnya.

(sumber:Angga inibangsaku.com)

You may also like...

0 thoughts on “9 Tahun Berlalu, Lumpur Lapindo Masih Terus Menyembur”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<