3 Isu Tentukan Kabinet Kerja

joko-jk1

JAKARTA, inibangsaku.com – Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Rully Akbar menjelaskan, ada tiga isu utama menjadi penentu yang akan berpengaruh pada Kabinet Presiden Jokowi-Jusuf Kalla dalam 3-6 bulan kedepan. Baik maupun buruknya Kabinet Kerja akan ditentukan oleh keberhasilan mereka merespon ketiga isu tersebut.

“Isu pertama adalah dilema kenaikan BBM bersubsidi dalam waktu dekat, dimana rasionalitas ekonomi, BBM mau tak mau harus dinaikan oleh pemerintahan Jokowi. namun jika pemerintahan Jokowi tetap menaikkan harga BBM, dukungannya terutama dari kalangan wong cilik akan merosot drastis,” katanya di Jakarta pada Kamis petang, (30/10).

Isu kedua, sambung Rulli adalah keberhasilan pemerintah Jokowi dalam mengembalikan Pilkada langsung. Karena berdasarkan survel ini, mayoritas publik 81,25 persen menginginkan Pilkada dilaksanakan secara langsung, sebayak 10,71 persen responden memilih Pilkada dipilih DPRD, sebanyak 4,91 persen memilih kepala daerah ditunjuk presiden dan 3,13 persen responden tidak menjawab.

“Tugas kabinet Jokowi, terutama Mendagri yang baru bisa memastikan Perppu ini dapat diterima oleh DPR karena Pilkada Langsung merupakan kehendak mayoritas publik,” jelasnya.

Isu terakhir adalah kemampuan kabinet dalam memenuhi janji kampanye 100 hari Jokowi dan janji 9 kebijakan yang tertuang dalam kontrak politik Jokowi-JK denga rakyat.

“Mayoritas publik atau sebanyak 74,60 persen meminta Jokowi merealisasi semua janji politiknya selama masa kampanye, terutama janji tertulis yang diiklankan terkait 3 Perpres dalam 100 hari pemerintahan dan 9 kontrak politik Jokowi-JK dengan rakyat,” demikian Rully. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “3 Isu Tentukan Kabinet Kerja”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<