18 Penyidik Polri di KPK Mau Mundur

48708603-28AE-4F5C-8017-8BAB968FFC01_cx0_cy8_cw0_mw1024_s_n_r1

JAKARTA, inibangsaku.com – Sebanyak 18 penyidik polri di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah mengajukan surat pengunduran diri ke ke Kapolri. Mereka hendak mundur dari anggota polisi dan menetap sebagai penyidik di KPK.

Indonesia Police Watch (IPW) mengaku surat pengunduran diri tersebut sudah diserahkan ke Mabes Polri sejak dua bulan lalu, namun belum mendapat jawaban dari Kapolri, Jenderal Sutarman. Ke 18 penyidik itu terdiri dari perwira berpangkat Komisaris Polisi dan Ajun Komisaris Polisi yang sudah bertugas tiga sampai lima tahun di KPK.

“IPW berharap, ke 18 penyidik itu membatalkan niatnya dan tetap menjadi
anggota Polri, yang suatu saat bisa kembali ke kepolisian,” kata Presidium IPW Neta S Pane dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis (13/11).

Lebih lanjut Neta menambahkan para penyidik Polri yang bertugas di KPK justru harus menjadikan lembaga pemberantas korupsi itu sebagai kawah candradimuka untuk perubahan moral dan mental kepolisian. Sehingga ketika kembali ke Polri, mereka bisa menjadi pionir perubahan di institusinya.

“Ke 18 penyidik itu, bersama 70 penyidik Polri lainnya yang bertugas di KPK harus bisa menjaga “siklus candradimuka” tadi, sehingga mereka bisa mendorong
percepatan perubahan di Polri,” tambah Neta menegaskan.

Dengan adanya konsep perubahan mental Presiden Jokowi, keberadaan 18 penyidik itu sangat dibutuhkan untuk mendorong perubahan yang signifikan di Polri. Sebab itulah IPW tidak setuju ke 18 penyidik itu mundur. Elit-elit KPK dan Polri perlu
mengingatkan agar mereka tidak mundur dan harus membantu percepatan
perubahan sikap, prilaku dan kinerja jajaran kepolisian.

“Namun, elit-elit KPK dan Polri juga harus membuat kepastian ritme mutasi bagi
para penyidik Polri yang bertugas di KPK, apakah dua tahun, tiga
tahun, empat tahun atau lima tahun, sehingga ada kepastian karir,” demikian Neta. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “18 Penyidik Polri di KPK Mau Mundur”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<