100 Tokoh Perdamaian Datang ke WPF

muhammadiyah1

JAKARTA, inibangsaku.com – Organisasi massa muslim tertua di tanah air Muhammadiyah bekerjasama dengan Cheng Ho Multi Culture Education dan Centre for Dialogue and Cooperation among Civilization (CDCC) akan menggelar acara forum perdamaian kelima di dunia.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin dalam jumpa persnya di kantor CCDC, Jakarta, Selasa (4/11) mengatakan dalam acara bertajuk The 5th World Peace Forum (WPF) tersebut akan dihadiri oleh 100 orang tokoh perdamaian dari berbagai belahan dunia. Acara tersebut akan dihelat di Jakarta pada tanggal 20-23 November 2014 bertempat di Century Park.

“Total ada 100 orang wakil dari Luar Negeri dan kita berharap presiden Joko Widodo dapat hadir dan membuka acara tersebut,” kata Din.

Lebih lanjut mantan calon presiden RI tahun 2009 yang diusung Partai Matahari Bangsa (PMB) menambahkan dalam rentang waktu tiga hari simposium internasional pihaknya akan membahas 6 konflik yang terjadi ataupun yang sudah diselesaikan dengan damai di dunia akhir-akhir ini.

Untuk konflik pertama yang akan dibahas adalah konflik yang terjadi di Daerah Istimewa Aceh (DIY) dan Maluku. Kedua daerah tersebut sudah berhasil diredam, hal tersebut diperkuat dengan adanya nota kesepahaman damai bagi kedua belah pihak yang bertikai.

“Keberhasilan perdamaian tersebut bisa diambil pelajaran bagi pihak yang bertikai,” kata Din menambahkan.

Kemudian untuk konflik kedua yang akan diangkat adalah konflik yang terjadi di Selatan Filipina, Mindanau. Di kawasan tersebut Pemerintah Filipina dan umat Islam Mindanau berseteru dengan sengit.

Selanjutnya kasus ketiga adalah konflik antara umat Islam dan pemerintah Thailand yang terjadi di Thailand Selatan. Untuk yang keempat adalah konflik yang terjadi di Myanmar.

“Sedangkan untuk kelima, konflik yang terjadi antara Serbia dan Kosovo. Dan yang terakhir adalah konflik antara umat Islam dan Kristen di kawasan Afrika Tengah,” tambah Din menegaskan.

Diakhir pembicaraanya Din menegaskan acara WPF kelima dihadiri banyak tokoh dan lintas profesi, mulai dari pemuka agama, cendikiawan, penentu kebijakan, kalangan pengusaha dan juga praktisi serta pelaku media massa.

“Jadi forum ini lintas sektoral. Dan hasil dari forum WPF akan kita kirimkan ke banyak pihak terkait dan berwenang,” tutup Din. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “100 Tokoh Perdamaian Datang ke WPF”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<